Rabu, 07 Juni 2017

Nhw 4 MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FIITRAH

Bismiahirrahmanirrahim

Nice Homework 4
Mendidik dengan Kekuatan Fitrah
Oleh:  Muftiraeni A.

Setelah mengikuti materi 1 sampai 4 dan mengerjakan nhw ,mulai mengerti tiap materinya berkesinambungan menggiring kita belajar menjadi ibu profesional ini dengan memulai proses mengenal diri sendiri.

Di materi pertama, kita diajak untuk memperbaiki sikap sebagaimana mestinya adab menuntut ilmu. Materi kedua belajar membuat checklist harian indikator keprofesional diri. Materi ketiga merupakan  proses membaca kehendak Allah,maksud penciptaan kita, bahwa semua menginginkan 'keberadaan' kita dan tidak ada yang diciptakan sia-sia , kita diajak untuk menyelami misi spesifik,  serta bagaimana peran kita untuk membangun peradaban mulai dari rumah

Taraaa...

NICE HOME WORK #4
MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FIITRAH 
Bunda dan calon bunda peserta matrikulasi IIP, masih semangat belajar?

a. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?

Untuk pertanyaan ini sebenarnya  sudah pernah saya pikirkan dan saya menuliskannya di Nhw 2.

Di Nhw1, saya menuliskan ingin fokus menekuni ilmu "sabar". Saya mendapat kesimpulan bahwa sebenarnya kenapa ingin belajar bersabar, juga dalam rangka menjalankan peran saya saat ini sebagai istri dan ibu.

"Saya ingin fokus menjalankan peran saya sebagai istri dan ibu profesional yang bahagia dan percaya diri." 
Singkatnya, saya ingin memilih jurusan ibu profesional untuk saya kuasai tahap demi tahapnya

b.  Mari kita lihat Nice Homework #2,  sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.

Saya belum membuat checklist sebagaimana rencana awal untuk membuatnya dalam format besar dan ditempel di dinding.

Saya berusaha sebaik mungkin menjalankan apa yang telah saya buat dalam checklist tersebut, meski belum semuanya berjalan. Terutama mengajarkan toilet training untuk Bilal disaat saya sedang memulai lagi proses menyapih.

Rasanya perlu membuat jadwal keseharian yang sesuai dan menetapkan waktunya berapa lama agar lebih teratur.

Semoga apa yang saya tulis bisa saya jalankan dengan Istiqomah,
belajar melatih diri dengan keras,memanaskan diri setiap saat meski semangat naik turun. Bismillah..

c.Baca dan renungkan kembali  Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang  akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.

Melalui Nhw 3 saya mencoba membaca kehendak Allah menghadirkan suami yang juga punya keinginan kuat untuk sama-sama belajar,saling mengingatkan dalam hal kebaikan, bersama-sama mengatasi kesulitan.

Kami bercita-cita untuk membangun keluarga sakinah mawaddah warrahmah dan melahirkan keturunan yang bisa menjadi perisai islam.

Saat ini saya punya keinginan untuk lebih banyak belajar agama dan memperbaiki diri. Ditempatkan hidup di lingkungan yang tidak semuanya muslim,saya harus menjadi. agen muslim yang baik, dalam bertutur maupun perbuatan.

Saya yakin dengan dipertemukan  komunitas ibu pembelajar seperti IIP ini, Allah menghendaki kebaikan untukku.
Membuka wawasan,mata dan hati agar saya lebih baik lagi dalam banyak hal, belajar menjadi sholihah lagi, sehingga bisa profesional menjalankan peranku di muka bumi.

Pernah saya menuliskan (ketika masih hamil Bilal) 50 daftar cita-citaku,  isinya lebih banyak tentang membersamai suami dan anakku,mencapai kesuksesan bersama dunia akhirat. Kemudian tentang keinginan berbagi dengan sesama. Saya juga sangat ingin mencetak generasi yang cinta ilmu melalui membaca.  Cita-cita kami di rumah ingin memiliki perpustakaan mini yang punya beragam pilihan bacaan yang baik.

Bisa disimpulkan,misiku adalah ingin sebaik-baiknya menjadi manusia yang bermanfaat. bagi siapapun, terutama suami, anak, keluarga, teman, tetangga, orang sekitar
Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. 

Diantara teman-teman seangkatanku waktu kuliah, saya termasuk yang menikah dan memiliki anak duluan.
Teman-temanku kini alhamdulillah banyak yang menyusul, sudah menempuh hidup baru juga baik sebagai istri atau sekaligus ibu.

Karena saya dianggap 'senior',tidak jarang yang curhat atau meminta advice. Dan saya dari dulu memang senang sharing meski sekedar curhat,apalagi jika bisa berbagi ilmu.

Maka dari itu saya merumuskan, misi dan peranku yaitu:
Misi Hidup : menjadi manusia yang bermanfaat, khususnya bagi orang sekitar
Bidang : parenting Islami
Peran : advisor/inspirator

c. Setelah menemukan 3 hal tersebut,  susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.

Untuk bisa menjadi ahli di bidang parenting Islami tersebut tahapan ilmu yang harus dikuasai oleh sebagai berikut :

1. Ilmu agama Islam: Meliputi seluruh aspek keislaman,terutama untuk parenting adalah Adab, Ibadah, Akidah
2. Bunda Sayang : Ilmu-ilmu seputar pengasuhan anak
2. Bunda Cekatan : Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga
3. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian finansial dll.
4. Bunda Shaleha : Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang

d. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup

Saya menetapkan KM 0 pada usia 26tahun Ini.Terinspirasi oleh yang ibu Septi lakukan,mulai saat ini berkomitmen tinggi akan mencapai  10.000 (sepuluh ribu ) jam terbang  di bidang parenting islami agar lebih fokus memantaskan diri menjalankan misi hidup.
Saya akan mendedikasikan 4-6 jam waktu untuk mencari ilmu, mempraktikkan dalam keseharian, menuliskannya agar melekat kuat.  4-6 jam ini yang saya maksudkan tidak harus diam duduk membaca, tapi akan lebih banyak mempraktikkan dalam keseharian. Insya Allah dalam jangka waktu kurang lebih 5 tahun,
jika saya bersungguh-sungguh akan terlihat hasilnya.

KM 0 - tak terbatas : Mempelajari ilmu agama islam
KM 0 - KM 1 ( tahun 1 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Sayang
KM 1 – KM 2 (tahun 2 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Cekatan
KM 2 – KM 3 (tahun 3 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif
KM 3 – KM 4 ( tahun 4) : Menguasai Ilmu seputar Bunda shaleha

e. Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.

Belum, saya belum memasukkan ilmu-ilmu sedetail itu. Oleh karena itu, saya membuat jadwal keseharian untuk melengkapi checklist yang telah saya buat sebelumnya.  Jadwal ini saya bikin dalam format besar, dan dipasang di
dinding sehingga mudah dievaluasi.



lakukan lakukan lakukan
Bismillah,semoga Allah melancarkan niat baik dan urusan kami
Share:

0 komentar:

Posting Komentar